Program Baru di SMKS 1 Parahyangan untuk Mengurangi Sampah Plastik

Sampah plastik adalah salah satu masalah lingkungan yang serius di dunia. Menurut 1, Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik ke laut peringkat kedua di dunia, setelah Tiongkok. Sampah plastik tidak hanya mencemari air, tanah, dan udara, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan manusia dan hewan1. Oleh karena itu, kita perlu mengambil tindakan untuk mengurangi penggunaan dan pembuangan plastik secara sembarangan.

Salah satu tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti program Zaro Waste Plastic. Program ini adalah program baru yang dicanangkan oleh SMKS 1 Parahyangan, sebuah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Padalarang, Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk mengajak siswa, orang tua, dan warga sekitar untuk mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulangnya menjadi produk-produk yang bermanfaat2.

Apa saja produk-produk yang bisa dibuat dari sampah plastik? Beberapa contohnya adalah:

Bagaimana cara mengikuti program Zaro Waste Plastic? Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Mengumpulkan sampah plastik yang ada di rumah, sekolah, atau lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk memilah-milah sampah plastik berdasarkan jenisnya, seperti organik atau anorganik, dan membersihkannya dari kotoran atau sisa makanan.
  • Mengantarkan sampah plastik ke tempat pengumpulan yang disediakan oleh sekolah. Tempat pengumpulan ini biasanya berada di dekat gerbang sekolah,
  • Dan yang terpenting adalah, hentikan penggunakan plastik dalam bentuk makanan dan minuman dan mulailah beralih ke peralatan yang bisa dibawa dari rumah

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari mengikuti program Zaro Waste Plastic? Beberapa manfaatnya adalah:

  • Membantu menyelamatkan lingkungan dari pencemaran sampah plastik. Dengan mendaur ulang sampah plastik, kita bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang berakhir di TPA, sungai, laut, atau tempat lain yang tidak seharusnya.
  • Membantu menghemat pengeluaran. Dengan mendaur ulang sampah plastik, kita bisa mendapatkan produk-produk yang bermanfaat tanpa harus membelinya dengan harga yang mahal. Selain itu, kita juga bisa menghemat biaya pembelian plastik baru, seperti kantong plastik, botol plastik, atau gelas plastik.
  • Membantu meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan. Dengan mendaur ulang sampah plastik, kita bisa menghindari paparan bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam plastik, seperti PCB, PAH, atau BPA, yang bisa mengganggu hormon, menyebabkan kanker, atau obesitas.
  • Membantu meningkatkan kreativitas dan keterampilan. Dengan mendaur ulang sampah plastik, kita bisa belajar cara membuat produk-produk yang unik, menarik, dan berguna dari bahan-bahan yang tidak terpakai. Kita juga bisa belajar tentang konsep-konsep dasar ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan matematika yang terkait dengan proses daur ulang.
  • Membantu meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab. Dengan mendaur ulang sampah plastik, kita bisa menyadari dampak buruk dari sampah plastik bagi lingkungan dan makhluk hidup. Kita juga bisa bertanggung jawab atas sampah plastik yang kita hasilkan dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya.

Categories: Learning

1 Comment

Hengki · January 7, 2024 at 17:25

Benar sekali, kita harus sadar dan membuka mata kita untuk menghentikan penggunaan sampah plastik ini

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *