VISI
“TERAMPIL”
Yakni kemampuan/keinginan untuk maju dan meningkatkan kualitas baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan.
TERAMPIL adalah akronim dari: Tekun, Empatik, Rasional, Agamis, Mandiri, Pantang menyerah, Inovatif & Luwes
Penjabaran visi Terampil SMK 1 Parahyangan Kabupaten Bandung Barat adalah sebagai berikut:
Tekun : Rajin, keras hati dan bersungguh-sungguh
Empatik : Mampu mengenali, mempersepsi dan merasakan perasaan orang lain
Rasional : Berdasarkan pada akal pikiran yang sehat; cocok dengan akal; patut dan layak
Agamis : Tata kaidah yang berhubungan antara manusia dengan Sang Pencipta serta manusia dengan sesamanya
Mandiri : Tidak bergantung pada orang lain dan mampu memberi keputusan terhadap suatu masalah
Pantang menyerah : Tidak cepat berputus asa
Inovatif : Mampu mendayagunakan ide, gagasan dan konsep-konsep untuk menghasilkan karya baru
Luwes : Mudah dan cepat menyesuaikan diri , tidak kaku, tidak canggung
Misi
Meningkatkan mutu layanan pendidikan di bidang sarana prasarana
Meningkatkan kualitas tenaga pendidikan
Mengembangkan sikap profesional dalam keberagaman dan menerapkan budaya untuk membentuk jati diri yang relevan dengan karakter bangsa
Meningkatkan kepribadian dan perilaku yang baik
Menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang aman, tertib, religious dan nyaman
Mengembangkan jiwa kewirausahaan
Membina prestasi melalui pembelajaran yang efektif dan efisien
Menciptakan wadah untuk mengembangkan semangat kreatifitas dan produktifitas
Meningkatkan rasa percaya diri melalui kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional
TUJUAN
- Menghasilkan Lulusan yang Terampil: Menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk terus maju dan meningkatkan kualitas diri, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari.
- Mewujudkan Lingkungan Pembelajaran yang Berkualitas: Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
- Membangun Karakter Siswa yang Kuat: Mengembangkan sikap profesional, empatik, dan mandiri pada siswa, yang sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya bangsa.
SASARAN
- Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Melalui penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan luwes, serta peningkatan kompetensi tenaga pendidik.
- Pengembangan Kepribadian Siswa: Membentuk siswa yang tekun, rasional, dan pantang menyerah melalui kegiatan-kegiatan yang mendukung pertumbuhan pribadi dan sosial.
- Kewirausahaan dan Kreativitas: Mendorong siswa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas, serta meningkatkan rasa percaya diri melalui partisipasi dalam kompetisi nasional dan internasional.