Raden Ajeng Kartini, atau lebih dikenal sebagai RA. Kartini, adalah tokoh emansipasi wanita yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Selama hidupnya, RA. Kartini gigih memperjuangkan harkat dan martabat perempuan, berjuang agar mereka bisa mendapatkan hak yang setara dengan kaum laki-laki. Berikut beberapa peran penting RA. Kartini:

  1. Mendirikan Sekolah Perempuan: Pada tahun 1903, setelah menikah dengan Bupati Rembang, RA. Kartini diberi kebebasan untuk mendirikan sekolah perempuan. Sekolah ini berlokasi di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor Kabupaten Rembang (sekarang Gedung Pramuka).
  2. Menginspirasi Pendidikan: RA. Kartini memperjuangkan pendidikan bagi perempuan pribumi. Pada masa itu, hanya perempuan bangsawan yang memiliki kesempatan mendapat pendidikan. RA. Kartini ingin memajukan kaum perempuan agar tidak lagi dipandang rendah.
  3. Menulis Surat: Selama menjalani pingitan, RA. Kartini tidak berdiam diri. Ia tetap belajar mandiri dan menulis surat kepada teman-temannya yang berasal dari Belanda. Aktivitas ini mendorongnya untuk memajukan para perempuan pribumi.

β€œHabis gelap terbitlah terang. Perjuangan belum usai, jadilah Kartini untuk hidupmu dan sekelilingmu. Selamat Hari Kartini 21 April 2024.”

β€œJadilah terang dalam kegelapan. Selamat memperingati Hari Kartini 21 April 2024.”

“Terima kasih Kartini atas jasamu dalam memajukan wanita Indonesia!”

    Categories: Uncategorized

    0 Comments

    Leave a Reply

    Avatar placeholder

    Your email address will not be published. Required fields are marked *