Larangan zina dan pergaulan bebas telah disebutkan secara gamblang melalui firman Allah SWT dalam Al Quran dan sejumlah riwayat hadits Rasulullah SAW. Perbuatan tersebut bahkan dianggap sebagai perbuatan yang keji dan harus dijauhi.
Pelarangan zina begitu serius dibahas dalam Al Quran. Tidak hanya sebatas larangan untuk melakukan perbuatannya, Al Quran bahkan melarang segala bentuk perbuatan yang menyebabkan terjadinya zina atau menjurus pada zina, sebagaimana disebut dalam buku Kehidupan Dalam Pandangan Al Quran yang ditulis oleh Dr. Ahzami Samiun Jazuli.

Salah satu larangan Allah SWT untuk menjauhi zina diterangkan dalam surat Al Isra ayat 32 yang berbunyi,

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلً

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

Dalam ayat lain, Allah SWT mengecam keras para pelaku zina bahkan mengancamnya dengan hukuman rajam atau dilempar batu sebesar kepalan tangan. Baik bagi laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah yang kemudian disebut dengan zina muhsan.

Sementara itu, bagi pelaku zina yang belum menikah atau zina gairu muhsan dijanjikan deraan masing-masing seratus kali sebagai balasan atas kemaksiatan mereka. Allah SWT berfirman dalam surat An Nur ayat 2,

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Pezina perempuan dan pezina laki-laki, deralah masing-masing dari keduanya seratus kali, dan janganlah rasa belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama (hukum) Allah, jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian; dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sebagian orang-orang yang beriman.”

Hal ini kemudian ditegaskan dalam sabda Rasulullah SAW. Berikut bacaannya,

خُذُوا عَنِّي خُذُوا عَنِّي قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لَهُنَّ سَبِيلًا الْبِكْرُ بِالْبِكْرِ جَلْدُ مِائَةٍ وَنَفْيُ سَنَةٍ وَالثَّيِّبُ بِالثَّيِّبِ جَلْدُ مِائَةٍ وَالرَّجْمُ

Artinya: “Ambillah dari diriku, ambillah dari diriku, sesungguhnya Allah telah memberi jalan keluar (hukuman) untuk mereka (pezina). Jejaka dan perawan yang berzina hukumannya dera seratus kali dan pengasingan selama satu tahun. Sedangkan duda dan janda hukumannya dera seratus kali dan rajam.” (HR Muslim).

Hukuman bagi pelaku zina tersebut, ditafsirkan oleh Al Quran Kementerian Agama (Kemenag), agar disaksikan oleh banyak orang. Sedikitnya tiga atau empat orang dengan tujuan menjadi efek jera bagi pelakunya serta pelajaran bagi mereka yang menyaksikannya.

Mengapa Islam melarang keras perbuatan zina dan pergaulan bebas?


Mengutip buku Hikmah di Balik Perintah dan Larangan Allah oleh Alaidin Koto, akibat dari zina lebih banyak memberikan dampak negatif bagi diri sendiri maupun keluarga para pezina. Selain itu, buku ini menyebut, perbuatan zina menempatkan pelakunya seperti hewan.


“Larangan zina untuk membedakan manusia yang hidup dengan norma-norma hukum, adat istiadat, dan agama dari binatang yang tidak mengenal mana yang baik dan mana yang buruk,” tulis buku tersebut.

Dengan menjauhi zina, umat muslim juga sebetulnya dapat memperoleh banyak hikmah dan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Seperti, mengantarkan pada derajat manusia yang tinggi karena mematuhi aturan Allah SWT maupun memupuk cinta dan kasih sayang dalam pernikahan yang sah.

Di samping itu, menghindari zina juga dapat diartikan sebagai menjaga diri dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh zina dan pergaulan bebas. Akibatnya pun tidak hanya merugikan diri sendiri namun, juga keluarga dan masyarakat sekitar. Untuk itulah, Al Quran memuat larangan zina dan pergaulan bebas secara tegas.

 sumber artikel :

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5952205/larangan-zina-dan-pergaulan-bebas-dalam-islam-seperti-apa.

Larangan Zina dan Pergaulan Bebas dalam Islam, Seperti Apa?

Categories: Uncategorized

19 Comments

Nissya okta febriani · April 26, 2024 at 11:53

Larangan Allah oleh , zina lebih banyak memberikan dampak negatif bagi diri sendiri maupun keluarga para pezina. Selain itu, buku ini menyebut, perbuatan zina menempatkan pelakunya seperti hewan.

chapii · April 26, 2024 at 11:55

pembahasan zina dan pergaulan bebas ini memang harus selalu ditekankan, karna masih banyak diluaran sana yang tidak menerapkan hukum yang Allah jatuhkan. seperti dalam kutipan ayat Al-Qur’an yang artinya “janganlah kamu mendekati zina” dalam hal perbuatan yang dapat mendekatkan diri pada zina pun sudah Allah larang dengan jelas oleh karna itu kita terutama sebagai seorang muslim harus mematuhi apa yang Allah perintahkan karna dalam hal zina ini adalah suatu hal yang dapat membahayakan karna Allah tidak akan menerima amalan orang yang berbuat zina. sayangnya pada zaman ini masih banyak yang tidak takut dengan ancaman ancaman Allah untuk sebuah dosa, mereka terlalu jauh sampai lupa tentang hal tersebut. oleh karna itu kita sebagai generasi muda ada baiknya terus menyampaikan hal hal penting seperti ini agar sama sama menggapai akhirat dan menghindari kemudharatan.

isni nh · April 26, 2024 at 11:56

zina merupakan sebuah perbuatan yang keji. seperti yang di ulas pada pembahasan dalam artikel di atas, Allah sangat melarang hambanya untuk berbuat zina.
selain itu, zina akan mendatangkan banyaknya dampak negatif, ntah bagi si pelaku atau keluarga.
pada artikel di atas pun menjelaskan banyak nya manfaat dan hikmah yg dapat di peroleh.

    Santi · April 26, 2024 at 12:02

    Kita sebagai hamba Allah, harus menjauhi smua larangan-Nya, termasuk menjauhi pergaulan bebas & zina, karena perbuatan tersebut akan menjerumuskan kita kepada neraka.

      Sesky · April 26, 2024 at 12:13

      menghindari zina juga dapat diartikan sebagai menjaga diri dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh zina dan pergaulan bebas, Larangan zina dan pergaulan bebas telah disebutkan secara gamblang melalui firman Allah SWT dalam Al Quran dan sejumlah riwayat hadits Rasulullah

Nazma monica · April 26, 2024 at 11:57

ketika berbuat zina yaitu seperti kita berpacaran, berpegangan tangan dengan lelaki yang bukan mahrom nya, bertatap tatapan, dan melakukan perbuatan yg tidak baik , seperti mempunyai hubungan yang melakukan sangat berlebihan atau melanggar batas larangan, jika kita bergaul bebas maka akan melakukan seperti hal yg tidak baikk atau tidak enak di pandang oleh orng lainn, jngan sampai lah kita bergaul sembarangan, agar bisa membuat kita lebih baik kedepan nya

Ivo Raisa · April 26, 2024 at 11:57

Kita sebagai hambanya Allah harus menjauhi larangan-larangan yang diperintah oleh Allah SWT, salah satunya pergaulan bebas dan zina karena akibat dari pergaulan bebas dan melakukan zina memiliki banyak dampak negative bagi diri sendiri dan orang lain.

dian A · April 26, 2024 at 11:58

zina dan pergaulan bebas dilarang oleh islam karena itu merupakan perbuatan tercela dan berdampak negatif besar bagi diri sendiri, maka dari itu kita sebagai hamba Allah harus menjauhi perbuatan tersebut.

    Isma Luri (7) · April 26, 2024 at 12:17

    Allah melarang kita untuk berbuat zina karena akan menimbulkan dampak negatif dan hukuman yang begitu besar bagi kita /orang yang melakukan nya dan keluarga .

Bintang · April 26, 2024 at 11:59

Pergaulan bebas atau zina itu hukumnya haram jika kita melakukan zina itu dosanya sangat besar tapi kita bisa menghindari perbuatan zina kita bisa jaga diri baik baik dan juga hindari penyakit yang di timbulkan oleh zina, maka dari itu kita hindari pergaulan bebas ataupun zina

Tiwi cahya carisa · April 26, 2024 at 11:59

Akan mengakibatkan hancur nya masa depan dan bisa di jelek jelekin orang lain karna perbuat nya sendiri, jaga dirimu baik baik ya teman tatah mu jangan sampai jatoh ke bawah

Dni amnh · April 26, 2024 at 12:03

dalam Islam kita di larang berbuat zina karna pembalasan nya sangat keras,trs cara tidak berbuat zina yaitu bergaul lah dengan orang yang baik dan orang yang bisa kita percayai,kita harus nurut apa kata orang tua supaya kita baik.tentang pergaulan bebas,kita harus bisa jaga diri baik baik karna sekarang banyak orang yang tidak waras jangan keluyuran malem malem kecuali kerja,ada urusan dll.

widdya VIII · April 26, 2024 at 12:04

Kita sebagai umat muslim harus menjauhkan diri dari yang namanya zina, zina adalah perbuatan yang di larang oleh ALLAH SWT. jika kita berzina maka akan diberi hukuman seperti yang di jelaskan di artikel ” Allah SWT mengecam keras para pelaku zina bahkan mengancamnya dengan hukuman rajam atau dilempar batu sebesar kepalan tangan.” mengerikan bukan?????, maka dengan itu kita harus bisa menjauh dari yang namanya zina.

Apriliani · April 26, 2024 at 12:07

zina dan pergaulan bebas adalah hal yang buruk sebagai mana dalam surah sudah di terangkan bahwa perbuatan zina dan pergaulan bebas adalah hal yang buruk karena dapat membawa dampak negatif,dan hukuman bagi pelaku zina adalah dengan hukuman rajam atau di lempar batu sebesar kepalan tangan,dan pelaku zina tidak memandang laki laki atau pun perempuan dan kita sebagai umat muslim harus menjauhi hal tersebut.

Aulia yasaroh · April 26, 2024 at 12:08

kita sebagai umat muslim harus menjauhi perbuatan zina karena allah sudah tuliskan larangan zina di dalam al qur’an.allah sudah memperintahkan kepada umat muslim bahwa zina itu di larang tetapi masih banyak orang yang berbuat zina.zina itu bisa juga pacaran karena pacaran adalah termasuk juga perbuatan zina.nah kita juga harus bisa tidak berbuat zina seperti pacaran.

Windya Nurrizky Alifia Khairunnisa (SMP) · April 26, 2024 at 12:09

Pelarangan zina begitu serius dibahas dalam Al Quran. Tidak hanya sebatas larangan untuk melakukan perbuatannya, Al Quran bahkan melarang segala bentuk perbuatan yang menyebabkan terjadinya zina atau menjurus pada zina.

Selain itu, zina juga di anggap sebagai perbuatan yang keji dan harus dijauhi. Salah satu larangan Allah SWT untuk menjauhi zina diterangkan dalam salah satu surat Al Isra ayat 32 yang berbunyi :

Yang artinya :
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

Pelaku zina akan dengan hukuman rajam atau melempar batu sebesar kepalan tangan. Baik bagi laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah yang kemudian disebut dengan zina muhsan. Sedangkan, bagi pelaku zina yang belum menikah atau zina gairu muhsan menjanjikan deraan masing-masing seratus kali sebagai balasan atas kemaksiatan mereka.

Hikmah & Manfaat Menjauhi zina bagi firi sendiri maupun orang lain adalah sebagai berikut :

1. Menaikkan derajat diri sendiri dan orang tua, karena sudah mematuhi perintah Allah SWT.

2. Memupuk cinta dan kasih sayang dalam pernikahan yang sah.

3. Diri terjaga/terbebas dari berbagai penyakit yang di sebabkan oleh zina dan pergaulan bebas.

Risma · April 26, 2024 at 12:12

Allah melarang kita berbuat zina karena memberikan banyak dampak negatif buat diri sendiri maupun keluarga dari perbuatan tersebut dan akan mendapatkan Hukuman begitu besar bagi yang melakukan zina tersebut.

cika · April 26, 2024 at 12:14

dari artikel diatas menjelaskan tentang perbuatan keji yaitu zina, jaman sekarang perzinahan sudah menjadi hal yang biasa. maka dari itu kita harus memperbanyak pengetahuan tentang perbuatan zina karena anak anak muda jaman sekarang sudah menganggap zina sebagai hal yang biasa biasa saja apalagi anak anak muda yang beragama muslim, mereka tau di agama nya sendiri yaitu muslim di haram kan untuk berzina tetapi mereka masih menganggap biasa, padahal itu larangan dari allah. agar kita terhindar dari zina kita harus memperbanyak membaca firman firman allah tentang zina. islam sangat melarang hal yang berbau zina, zina apapun itu di dalam agama kita yaitu islam tetap saja haram hukum nya bagi yang melakukan perzinahan

Helma ( 7 ) · April 26, 2024 at 12:33

Allah SWT melarang kita berbuat zina sebab kita tahu bahwa berbuat zina itu menimbulkan dampak negatif bagi manusia sehingga berbuat zina itu adalah perbuatan yg dosa dan tidak boleh dilakukan oleh kita semua jika kita melakukannya maka kita akan mendapatkan dosa dan akan masuk neraka maka dari itu sebaiknya kita tinggal kan perbuatan zina.

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *