Tinggal menghitung hari, Ramadan akan tiba. Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu- tunggu umat muslim seluruh dunia. Bulan yang penuh berkah karena bulan Ramadan merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam untuk mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci ramadan agar bisa menunaikan ibadah secara maksimal, seperti membutuhkan bekal intelektual dan pengetahuan yang cukup. Jadi apa saja yang harus dipersiapakan menjelang bulan suci ramadan?

1. Perkuat Iman dan Takwa

Sesuai hadits Nabi SAW, dari Abu Hurairah, ia berkata:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).

Iman adalah perkara paling dasar yang harus dmiliki orang islam. karena iman adalah kepercayaan, dengan beriman kepada Allah SWT, dapat menyelamatkan manusia baik dalam kehidupan di dunia, maupun kehidupan di akhirat kelak, karena Allah SWT hanya akan menolong hamba-Nya yang beriman dan bertakwa 

2. Perdalam ilmu agama

Bulan ramadan akan lebih maksimal jika kita mengetahui lmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan suci Ramadan sehingga dapat membekali kita dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadan, terutama ilmu-ilmu tentang amalan di bulan Ramadan seperti hikmah puasa Ramadan, salat tarawih, membaca Al-Quran, I’tikaf di masjid, dan Zakat Fitrah. Dengan mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadan, maka kita akan lebih siap dalam melaksanakan amalan-amalan di bulan suci Ramadan.

3. Menguatkan niat

Sebelum bulan Ramadan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah karena Allah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan tujuan ibadah hanya untuk menghadap Allah SWT.

4. Persiapkan kesehatan fisik dan jasmani

Menghadapi perubahan pola makan, tentunya kita harus mempersiapkan kesehatan fisik dan jasmani sedemikian rupa. Apalagi mengingat hukum ibadah puasa Ramadan itu wajib, kecuali orang-orang dengan kondisi tertentu.

5. Membayar puasa sebelumnya

Sebelum memasuki awal puasa Ramadan, kita diwajibkan untuk mengganti atau mengqadha hutang puasa di Ramadan sebelumnya. Karena Puasa yang kita tinggalkan pada bulan Ramadan wajib diganti, kecuali bagi orang lanjut usia yang bisa menggantinya dengan membayar fidyah. Terdapat beberapa golongan yang diberi keringanan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan, mereka adalah orang yang sakit, musafir, dan wanita yang sedang haid dan nifas. Ketiga golongan tersebut harus membayarkan puasa Ramadan yang mereka tinggalkan, seperti tertulis dalam ayat berikut:

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185)

Itu dia beberapa hal dapat kita persiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Semoga kita semua Allah sehatkan jasmani dan rahani kita ya. Supaya bisa memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan nanti. Aamiin. 

sumber:

baznasjabar.org

Categories: Uncategorized

24 Comments

Ivo Raisa · February 16, 2024 at 12:15

Artikel di atas memberikan panduan persiapan menyambut bulan suci Ramadan. Hal-hal seperti memperkuat iman dan takwa, mendalami ilmu agama terkait Ramadan, memperkuat niat, menjaga kesehatan fisik, dan membayar puasa sebelumnya menjadi langkah-langkah yang penting untuk menunaikan ibadah secara maksimal. Semoga persiapan ini membawa berkah dan ampunan di bulan Ramadan yang akan datang. Aamiin.

    Lala sitriyani · February 16, 2024 at 12:19

    Sebuah panduan persiapan menyambut bulan Ramadan, mencakup penguatan iman dan takwa, pendalaman ilmu agama, memantapkan niat, persiapan kesehatan fisik, dan membayar puasa sebelumnya. Semoga kita semua dapat memaksimalkan ibadah di bulan suci Ramadan dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan ampunan serta rahmat dari Allah SWT. Aamiin.

    Husna nuraini · February 16, 2024 at 12:21

    kita harus berpuasa, Sebelum bulan Ramadan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah karena Allah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya.

    Husna nuraini · February 16, 2024 at 12:21

    kita harus berpuasa, karna Sebelum bulan Ramadan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah karena Allah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya.

    Isma Luri SMP (7) · February 16, 2024 at 12:38

    Bulan ramadhan karena, bulan ini bulan yang di tunggu-tunggu / dinanti oleh umat islam, bulan ini bulan yang berkah maka kita perlu berpuasa di bulan Ramadhan ini agar mendapatkan pahala untuk bekal di akhirat

isni nh · February 16, 2024 at 12:17

Bulan Ramadhan merupakan bulan islam yang sangat dinanti oleh umat islam di dunia. Di bulan ini, alangkah baiknya kita sebagai umat muslim selalu berlomba lomba menebar amal dan kebaikan.
Adapun persiapan yang bisa kita lakukan untuk menyambut bulan suci itu, seperti yang tertera dalam artikel ini, diantaranya ;
1. Perkuat Iman dan Takwa
2. Perdalam ilmu agama
3. Menguatkan niat
4. Persiapkan kesehatan fisik dan jasmani
5. Membayar puasa sebelumnya
seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel ini, semoga kita senantiasa konsisten dalam pengamalannya.

    widdya VIII · February 16, 2024 at 12:26

    umat muslim sedang menyambut datangnya bulan ramadhan, kita sebagai muslim di wajib kan untuk berpuasa di saat bulan ramadhan, berpuasa dapat mendapatkan pahala dari Allah SWT

dian A lestari · February 16, 2024 at 12:17

ramadhan adalah nikmat dari allah swt. kepada umat muslim untuk mendapatkan ampunan dan rahmat dari allah swt. ada hal yang harus dipersiapkan menjelang bulan ramadhan yaitu iman dan taqwa, ilmu yang berkaitan dengan bulan ramadhan, niat menjalankan ibadah karna allah dll

Nissya · February 16, 2024 at 12:19

Tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci ramadan agar bisa menunaikan ibadah secara maksimal, seperti membutuhkan bekal intelektual dan pengetahuan yang cukup

Santi · February 16, 2024 at 12:22

Mengajak umat Islam untuk mendalami ilmu agama terkait dengan bulan Ramadhan, agar dapat menjalani ibadah dengan maksimal dan memahami hikmah di balik setiap amalan.

bintang alexia · February 16, 2024 at 12:23

Beberapa hari lagi, ramadhan akan tiba tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan adalah memperkuat iman dan takwa, mempelajari ilmu ilmu yang berkaitan dengan ramadhan, menguatkan niat, mempersiapkan fisik dan jasmani, membayar puasa sebelumnya

Tiwi cahya · February 16, 2024 at 12:24

Di bulan puasa nanti kita harus banya beribadah dan berdoa kepada Allah agar puasa kita kuat dan tidak batal ketika ada orang yang godin maka kita harus kuat dan tidak ikut ikutan nasehati mengapa dia godin karna ada alasan

Helma · February 16, 2024 at 12:26

Artikel di atas menunjukkan bahwa bulan suci RAMADHAN akan mendatang dalam waktu beberapa hari lagi maka dari itu kita sebagai umat islam harus mempersiapkan diri untuk melakukan puasa di bulan Ramadhan, bulan suci Ramadhan adalah bulan yg penuh berkah sehingga kita dapat melakukan banyak beramal baik untuk menambah pahala kita semoga di bulan puasa nanti bisa menjadi bulan yg berkah untuk kita semua Amiin yrb Allamiin

Sesky sufinah · February 16, 2024 at 12:29

Sebelum memasuki bulan suci ramadhan. Kita juga di wajibkan untuk mengganti atau mengqodha hutang puasa di bulan Ramadhan sebelumnya.
Di bulan Ramadhan juga akan lebih maksimal jika kita mengetahui ilmu – ilmu yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan sehingga dapat membekali kita dalam menjalani ibadah di bulan suci ramadhan terutama ilmu – ilmu tentang amalan di bulan suci ramadhan. Seperti: hikmah puasa di bulan suci ramadhan. Shlat Tarawih membaca al – quran dan zakat fitrah

Risma Nur Kamilah · February 16, 2024 at 12:30

Bulan ramadhan,karna Bulan Ramadan menjadi bulan paling ditunggu- tunggu seluruh umat muslim. Bulan penuh berkah karena bulan Ramadan merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam untuk mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Nazma monica · February 16, 2024 at 12:31

Ramadan adalah bulan yg sangat di tunggu tunggu oleh umat muslim,maka dari itu kita harus berpuasa dengan niat kita yg tulus, menahan lapar dan minum, tapi bukan menahan makan dan minum saja, tetapi menahan hawa napsu kita dan jaga emosi kita, dengan cara bicara yg baik, dan di jaga agar mendapat kan pahala yg sangat melimpah dan juga kita berpuasa tidak akan tersia²kan dan semoga kita di beri kan pahala yg besar sebesar besar nya dengan menjalan ibadah puasa dan insyaallah dosa² kita akan di hapus kan oleh allah swt amin…

Windya Nurrizky Alifia Khairunnisa ( SMP ) · February 16, 2024 at 12:35

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Ramadhan merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat muslim untuk mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci ramadan agar bisa menunaikan ibadah secara maksimal.

Hal-hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan adalah sebagai berikut.

1. Perkuat iman dan takwa
2. Perdalam ilmu agama
3. Menguatkan niat
4. Persiapkan kesehatan fisik dan jasmani
5. Membayar puasa sebelumnya.

chapii · February 16, 2024 at 12:36

“Barangsiapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760).
Dalam artikel ini menjelaskan mengenai bagaimana atau apa yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan.
Dalam persiapan ini kita harus melakukannya dengan sungguh sungguh karena kita akan memasuki bulan yang mulia yang dimana pada bulan Ramadhan ini pahala akan menjadi berkali-kali lipat, oleh karena itu kita harus mempersiapkannya dengan baik, menguatkan iman untuk selalu melakukan amal baik. Meniatkan diri untuk menyambut Ramadhan dan tidak lupa untuk membayar hutang puasa sebelumnya

AULIA YASAROH · February 16, 2024 at 12:37

bulan suci ramadhan akan telah tiba,kita sebagai umat muslim harus melaksanakan bulan suci ramadhan agar di beri rahmat oleh allah swt.mumpung ada waktu sebelum bulan suci ramadhan datang kita sebaiknya membayar puasa sebelumnya,kita harus harus perkuat iman dan takwa dan menguatkan niat agar tidak bolong saat berpuasa

cika 8 · February 16, 2024 at 12:41

artikel ini menjelaskan tentang persiapan bulan ramadhan yang akan datang. tentunya kita sebagai umat muslim pasti sangat menantikan bulan penuh rahmat ini yaitu bulan ramadhan, di bulan ramadhan ini kita tentu akan menahan segala nafsu kita termasuk menahan makan,minum,berkata kasar, marah” dll yang membuat kita membatalkan puasa jadi karena itu kita harus menahan semua itu. di bulan ramadhan tentunya akan ada puasa, di bulan ramadhan kita tidak hanya berpuasa tetapi kita juga akan diberikan pahala. dan kita juga harus mempersiapkan untuk bulan ramadhan, jadi yang harus di persiapkan di bulan ramadhan adalah memperkuat iman dan taqwa, memperdalam ilmu agama, menguatkan niat, persiapan fisik dan jasmani dan membayar puasa sebelumnya.

Apriliani · February 16, 2024 at 12:50

Persiapan untuk menyambut bulan ramadhan karena bulan ramadhan hampir tiba maka kita harus mempersiapkan nya secara matang untuk menyambut bulan suci ramadhan hal hal yang harus kita persiapkan adalah sebagai berikut:
1.Memperkuat Iman dan Bertakwa
karena iman adalah perkara paling dasar yang harus dimiliki oleh orang islam.dan allah swt hanya akan menolong orang yang beriman dan bertakwa
2.Perdalam ilmu agama
karena jika kita mengetahui ilmu ilmu yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan sehingga kita dapat lebih siap untuk menghadapi bulan suci ramadhan
3.Menguatkan niat
sebelum bulan ramadhan datang kita harus menguatkan niat untuk melaksanakan ibadah karena allah dengan ikhlas
4.Persiapkan kesehatan fisik dan jasmani
5.Membayar puasa sebelumnya
sebelum kita berpuasa maka kita di wajibkan mengganti atau mengqadha hutang puasa sebelumnya

    decha damayanti · February 16, 2024 at 13:28

    Kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa,Tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci ramadan agar bisa menunaikan ibadah secara maksimal, seperti membutuhkan bekal intelektual dan pengetahuan yang cukup. Hal-hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan adalah:
    1. Perkuat iman dan takwa
    2. Perdalam ilmu agama
    3. Menguatkan niat
    4. Persiapkan kesehatan fisik dan jasmani
    5. Membayar puasa sebelumnya

Ayu Sri · February 16, 2024 at 13:24

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh penjuru dunia. Pada bulan Ramadhan sebagai umat islam kita harus berpuasa, sebelum tiba bulan Ramadhan kita harus mempersiapkan hal-hal yang telah di tuliskan pada artikel ini seperti memperkuat keimanan kita, memperdalam ilmu agama, menguatkan niat kita, mempersiapkan kesehatan fisik dan membayar puasa belum terbayar di tahun lalu. Yang paling dasar adalah mempersiapkan niat, maka dari itu alangkah baiknya kita mempersiapkan diri dari jauh hari.

Dini amnh · February 16, 2024 at 13:44

Kedatangan bulan ramadhan adalah bulan yang di tunggu tunggu oleh umat islam,dimana kita harus berpuasa.sebelum bulan ramadhan tiba kita harus mempersiapkan memperkuatkan diri untuk menjalani puasa.

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *