Ada yang spesial untuk muslimah di setiap September. Teman-teman udah pada tahu apa yang spesial? Yapz, sejak 2004 lalu telah ditetapkan hari solidaritas hijab internasional setiap 4 September. Spesial banget kan?

Btw, apa sih yang melatarbelakangi adanya hari solidaritas hijab internasional ini? Betul banget, guys. Momen ini diadakan sebagai bentuk dukungan bagi muslimah di seluruh dunia untuk mengenakan hijab tanpa perlu takut diintimidasi atau dikriminalisasi. Sebab faktanya memang demikian, masih banyak negeri-negeri yang secara resmi melarang penggunaan hijab bagi muslimah. Mengsedih banget sih rasanya.

Kalau secara internasional ada momen dukungan bagi muslimah untuk berhijab, lain lagi cerita di negeri kita tercinta. Meski katanya menjadi salah satu negara yang turut mendukung Hari Solidaritas Hijab Internasional, nyatanya perkara hijab masih saja dipersoalkan. Persoalan yang tampaknya sengaja digiring menggelinding sampai bikin pusing.

Teman-teman sudah tahu dong beritanya. Ramai diberitakan bahwa seorang siswi jadi depresi gara-gara katanya dipaksa memakai kerudung. Hal yang bikin janggal, auto ramai pula seruan untuk mengembalikan seragam sekolah seperti tempo doeloe, Guys. Rok span selutut dan baju berlengan pendek bagi siswi. Lengkap dengan jargon ”Sekolah negeri bukan sekolah Islam!” Nah, loh! Bikin puyeng enggak tuh, Guys?

Ya, seolah-olah berkerudung itu menjadi beban mental yang menakutkan. Lebih menakutkan dari narkoba bahkan pergaulan bebas. Dari pada kampanye menolak kerudung di sekolah, apakah tidak lebih baik menolak gaul bebas ya? Bukankah kerudung itu memuliakan sedangkan gaul bebas itu menghinakan? Tapi kok malah banyak yang memilih gaya dan gaul bebas ya? Hem, gimana-gimana? Mumpung momennya lagi ramai tentang Hari Solidaritas Hijab Internasional, yuk kita kuliti aja tentang perkara hijab. Gaskeun!

Perempuan Itu Mulia

Guys, tahu enggak sih kalau perempuan itu sangat dimuliakan dalam Islam? Bahkan Islam memandang bahwa perempuan itu adalah kehormatan yang wajib dijaga. Tidak boleh asal-asalan dalam memperlakukan sosok perempuan.

Begitu istimewanya perempuan dalam Islam, sampai-sampai dibuatkan tutorial khusus untuk menjaga diri si kaum hawa ini. Ada batasan aurat yang harus dilindungi. Tidak boleh sembarang mata memandang. Apalagi sembarang tangan menyentuh, sungguh ini tidak dibenarkan. Perempuan dalam Islam itu bagai berlian. Ya, memang sesepesial itu, Guys.

Oleh karena itu, yang namanya berlian pasti ditempakan di tempat istimewa pula. Tidak mungkin dibiarkan terbuka begitu saja di pinggir jalan. Tidak boleh setiap orang asal-asalan memegang. Berlian akan berada di dalam toko yang super eksklusif. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat dan menyentuhnya. Super banget, kan?!

Begitulah posisi perempuan dalam frame Islam. Diperlakukan bagai berlian. Oleh sebab itu, auratnya harus terjaga. Diberi hijab sempurna. Agar terhindar dari tatapan dan sentuhan liar yang menghinakan. Guys, meleleh enggak sih dijaga sampai sebegininya?

Jadi, ketika ada perintah memakai hijab semestinya kita kudu gimana dong? Mengsedih atau mengbahagia nih? Ngerti kan jawabannya? Ngerti dong. Masak enggak ngerti!

Berhijab Perintah Tuhan, Bukan Tawaran

Bestie-bestie saleha, saat ini kita memang sedang berada di medan pertempuran pemikiran. Di mana antara yang hak dan batil saling bergumul sengit. Serbuan informasi begitu dahsyat menghantam benak kita setiap hari. Gawatnya, saat ini informasi sesat lebih mendominasi daripada informasi yang benar.

Saat ini standar baik atau buruknya sesuatu dinilai berdasarkan asas manfaat semata. Sama sekali tidak memandang halal atau haram, Guys. Lebih ekstrim lagi, sesuatu dikatakan benar atau salah tergantung pada kenyamanan setiap individu. Sesuatu dikatakan benar ketika si individu merasa nyaman, dan sesuatu itu disebut salah ketika si individu merasa tidak nyaman. Gawat berlipat-lipat ini, Guys!

Artinya kebebasan menjadi sebuah gaya hidup yang digaungkan. Bebas berpendapat. Bebas berekspresi. Dan bebas apa saja. Seolah-olah kebahagiaan itu hadir karena adanya kebebasan. Padahal sesuatu yang bebas itu biasanya akan menyebabkan kebablasan dan berujung pada kebinasaan. Serem enggak sih, Bestie?

Sebagai seorang muslim semestinya kita sadar bahwa hidup kita diatur sepenuhnya oleh Sang Pencipta. Tidak ada kebebasan secara mutlak untuk kita. Sebab hakikatnya apa yang ada pada diri kita adalah titipan Tuhan yang kelak akan dimintai pertanggungjawaban. Oleh karena itu, kita tidak boleh semaunya sendiri dalam mengatur diri, ada rambu-rambu yang harus kita taati.

Ya, misalnya berkaitan degan tata cara berbusana. Kita semestinya memahami bahwa menutup aurat itu adalah kewajiban. Sebagaimana yang telah Allah SWT firmankan dalam QS. An-Nur ayat 31 dan QS. Al-Ahzab ayat 59.  So, berhijab dalam rangka melindungi aurat adalah perintah Tuhan, bukan tawaran. Maka, tidak layak bagi kita menawar-nawar apa yang telah Tuhan perintahkan. Tugas kita adalah mendengar dan menaati apa-apa yang sudah diperintahkan.

Tidak perlu bertanya kenapa. Karena setiap perintah dan larangan sudah pasti telah Allah SWT perhitungkan. Bukan untuk menguntungkan Allah SWT loh ya. Semua perintah dan larangan-Nya justru dalam rangka menjaga kita dari berbagai mara bahaya. Baik di dunia ataupun di akhirat nanti. Sesayang itu loh Allah SWT sama kita. Yakin enggak jauh cinta?

Sungguh, tidak ada yang paling tahu tentang diri kita kecuali yang menciptakan kita. So, tugas kita di bumi ini simple banget sebenarnya. Tinggal manut dan nurut dengan rambu-rambu dari Sang Maha Pencipta. Maka insyaallah akan mendapatkan kemuliaan plus kebahagiaan. Jadi enggak ada ceritanya trauma karena titah Allah SWT. Sebab kita paham, bahwa ini adalah kebaikan. Sip, ya!

Yuk Belajar Islam

Guys, karena peluru kebebasan yang menyesatkan itu begitu cepat melesat, maka kita butuh tameng yang tebal dan kuat. Jangan sampai kita lumpuh dan tergelepar dengan serbuan ide-ide kebebasan. Sehingga kita menjadi generasi Islam yang kehilangan jati diri dan mudah depresi. Jangan ya, Guys!

Oleh karena itu penting bagi kita untuk belajar Islam. Tidak cukup sekadar belajar tentang ibadah ritual semata. Sebab Islam adalah jalan hidup, sehingga kita perlu belajar Islam secara keseluruhan. Bagaimana tata cara berpakaian, batasan interaksi dengan lawan jenis, dan lain sebagainya. Semua ada aturannya dalam Islam. Kita tinggal pahami, yakini, dan mentaati. Mengamalkan seluruh syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita selamat dan bahagia, di dunia hingga surga.

Source: Buletin Temen Surga


7 Comments

Seftia Aprilianti · October 13, 2023 at 12:55

Berhijab bagi wanita muslim hukumnya wajib. Hijab bukanlah semata-mata menunjukkan bahwa kamu adalah seorang muslimah, tetapi hijab merupakan bentuk ketaatan kepada Allah swt.

chapii · October 13, 2023 at 16:57

hijab diwajibkan untuk wanita muslimah bukan hanya untuk sekedar fashion saja, Allah mewajibkannya tentu karna terdapat tujuan yang jelas yakni untuk menjaga kita dari hal hal yang bisa dibilang buruk. jaman sekarang yang segala hal sudah lebih mementingkan fashion, hijab dijadikan banyak bentuk, bahkan tak menutupi dada seperti yang sudah diperintahkan, pdahal sudah jelas Allah perintahkan untuk memakai hijab hingga menutupi dada. Allah saja sudah seberusaha mungkin menjaga hamba-Nya terutama seorang wanita agar terhindar dari segala hal buruk, kini tugas hamba-Nya lah yang mesti tau dan punya kesadaran bagaimana atau hal hal apa yang harus dikerjakan sebagai seorang muslim

Ivo Raisa · October 25, 2023 at 16:07

Berhijab sangat wajib dilakukan karena itu adalah perintah dari Allah SWT, karena pasti perintah yg diberikan oleh Allah SWT untuk kebaikan kita sendiri maupun orang lain.

dian A lestari · October 25, 2023 at 16:22

memakai jilbab ialah kewajiban kita sebagai muslimah, berhijab juga sebagai cara untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. sehingga kelak akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat berupa surga. menghindari murka dan laknat Allah SWT yang menyebabkan seseorang akan menderita kelak di akhirat

Santi · October 25, 2023 at 16:26

Hijab adalah tanda kepatuhan seorang wanita muslim pada perintah Allah untuk menutup auratnya (bagian tubuh yang harus ditutup aurat dalam Islam) yang meliputi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, dengan pakaian yang longgar dan tidak transparan.

Lala · October 25, 2023 at 16:34

Hijab di wajibkan untuk kaum muslimah hijab juga wajib buat menutup aurat kita.

isni nh · October 25, 2023 at 16:34

intinya, menggunakan hijab itu mrupakan kewajiban dan keharusan yg sangat amat harus ya tmn tmn.

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *